header banner

Written by PA Lolak on . Hits: 1206

 

LOGO VEKTOR PA LOLA

PROSEDUR PENGADUAN

BERDASARKAN PERMA NOMOR 09 TAHUN 2016 TENTANG PEDOMAN PENANGANAN PENGADUAN DI MAHKAMAH AGUNG DAN BADAN PERADILAN YANG BERADA DIBAWAHNYA


Materi yang dapat diajukan sebagai pengaduan antara lain sebagai berikut :

  1. Pelanggaran terhadap kode etik dan/atau pedoman perilaku hakim;
  2. Penyalahgunaan wewenang/jabatan;
  3. Pelanggaran sumpah jabatan;
  4. Pelanggaran terhadap peraturan disiplin Aparatur Sipil Negara;
  5. Perbuatan tercela, yaitu perbuatan amoral, asusila, atau perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat;
  6. Pelanggaran hukum acara, baik dilakukan dengan sengaja, maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman;
  7. Maladministrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif;
  8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.

Pengaduan dapat disampaikan melalui:

  1. Aplikasi SIWAS MA-RI (https://siwas.mahkamahagung.go.id/)
  2. Layanan Pesan Singkat/SMS SIWAS MA-RI ke Nomor 085282490900;
  3. Surat Elektronik (e-mail) SIWAS MA-RI: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  4. Surat Elektronik (e-mail) PA Lolak: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">
  5. Meja Informasi dan Pengaduan di PTSP Pengadilan Agama Lolak;
  6. Surat ke alamat Kantor Pengadilan Agama Lolak, Jl. Trans Sulawesi, Desa Dulangon, Kecamatan Lolak, Kab. Bolaang Mongondow;
  7. Kotak Pengaduan.

SYARAT DAN TATA CARA PENYAMPAIAN PENGADUAN

A. Disampaikan secara tertulis

  1. Pengaduan hanya dapat diterima dan ditangani oleh Mahkamah Agung, Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama apabila disampaikan secara tertulis oleh pelapor;
  2. Pelapor dianjurkan untuk menggunakan formulir khusus untuk menyampaikan pengaduannya, baik dalam bentuk cetak maupun elektronik di situs Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS) Mahkamah Agung.
  3. Dalam hal Pelapor memiliki kesulitan untuk membaca dan menulis, petugas di Mahkamah Agung atau pengadilan akan membantu menuangkan pengaduan yang ingin disampaikan pelapor secara tertulis dalam formulir khusus pengaduan.

B. B. Menyebutkan Informasi yang jelas 

         Untuk mempermudah penanganan dan tindak lanjut terhadap pengaduan yang disampaikan, pelapor diharapkan dapat menyebutkan secara jelas informasi, sbb:

  1. Identitas Aparat yang dilaporkan, termasuk jabatan, serta satuan kerja atau Pengadilan tempat Terlapor bertugas;
  2. Perbuatan yang dilaporkan;
  3. Nomor perkara, apabila perbuatan yang diadukan berkaitan dengan pemeriksaan suatu perkara;
  4. Menyertakan bukti atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan pelapor.
  5. Pelapor sedapat mungkin diharuskan untuk mencantumkan identitasnya, namun demikian selama informasi dalam pengaduan yang disampaikan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan yang tidak mencantumkan identitasnya akan tetap ditindaklanjuti oleh Mahkamah Agung.

C. Tata Cara Pengiriman

Pengaduan ditujukan kepada :

  • Ketua atau Wakil Ketua pada Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding dimana Terlapor bertugas; atau
  • Ketua atau Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, atau Ketua Muda Pengawasan dengan tembusan kepada Kepala Badan Pengawasan.

Apabila pengaduan dikirimkan melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah pengaduan dengan menuliskan kata “PENGADUAN pada Pengadilan Agama Lolak “ pada bagian kiri atas muka amplop tersebut.

D. Penanganan Pengaduan melalui Pengadilan Agama Lolak

  1. Pengaduan diterima oleh Meja Pengaduan, dan petugas Meja Pengaduan akan mencatat berkas pengaduan, memberitahukan ke Panitera Muda Hukum dan menyampaikan tanda terima kepada Pelapor;
  2. Panitera Muda Hukum akan meneliti dan melaporkan kepada Ketua Pengadilan Agama Lolak;
  3. Ketua Pengadilan Agama Lolak akan meneliti mengenai kewenangan :
    1. Dalam hal Pengadilan Agama Lolak berwenang menangani pengaduan dimaksud, Wakil Ketua Pengadilan Agama Lolak akan meneliti/ membaca berkas pengaduan, memeriksa hasil penelaahan dan Ketua Pengadilan Agama Lolak akan membuat surat tugas untuk Tim Pemeriksa dan, Tim Pemeriksa akan memeriksa Pelapor dan Terlapor serta membuat, menandatangani Berita Acara Pemeriksaan dan melaporkan hasil pemeriksaan;
    2. Dalam hal Pengadilan Agama tidak berwenang, Ketua Pengadilan Agama Lolak akan meneruskan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado akan meneliti kembali mengenai kewenangan, Dalam hal tidak berwenang akan meneruskan Pengaduan ke Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lolak

Jl. Trans Sulawesi, Desa Dulangon, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow

Telp: (0434) - 2608191
Fax: -

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.