lkbnr 3

Written by Khairul Syafri on . Hits: 243

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Lolak

Dihadiri Langsung Oleh Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow


 

Lolak – Kamis, 22 Oktober 2020 menjadi tonggak sejarah baru bagi Pengadilan Agama Lolak dimana pada hari tersebut dijadikan momen untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor Pengadilan Agama Lolak yang juga bertepatan dengan hari lahirnya Pengadilan Agama Lolak 2 tahun yang lalu saat diresmikan di Melonguane, Kab. Talaud, Provinsi Sulawesi Utara oleh Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. yang saat itu menjadi Ketua Mahkamah Agung RI.

acara 2 web

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting dari berbagai instansi di Provinsi Sulawesi Utara, antara lain Bupati Kab. Bolaang Mongondow, yakni Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara, yaitu Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H., Ketua dan Sekretaris DPRD Kab. Bolaang Mongondow, Komandan Batalyon Artileri Medan, Kapolsek Lolak, serta Ketua MUI Kotamobagu yaitu Ust. H. Jusuf Danny Pontoh, S. Ag., M.H.

acara 3

Bertempat di Desa Dulangon, Kec. Lolak, Kab. Bolaang Mongondow yang menjadi lokasi pembangunan gedung kantor Pengadilan Agama Lolak, pelaksanaan peletakan batu pertama diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Kotamobagu yakni Ust. H. Jusuf Danny Pontoh, S. Ag. M.H., kemudian Bupati Kab. Bolaang Mongondow, Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow menjadi yang pertama melakukan peletakan baru pertama, kemudian dilanjutkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara, Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H., disusul oleh Ketua Pengadilan Agama Lolak saat ini Nur Ali Renhoat, S. Ag., dilanjutkan oleh Perwakilan dari DPRD Kab. Bolaang Mongondow, dan yang terakhir adalah Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, M.H., selaku Ketua Pengadilan Agama Manado yang menjadi salah satu pelopor terbentuknya Pengadilan Agama Lolak. Setelah peletakan batu pertama selesai para pejabat terkait dipersilahkan mengambil tempat untuk dokumentasi kegiatan ini.

acara 4

Kemudian laporan Panitia Pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Agama Lolak sekaligus kata sambutan yang disampaikan langsung oleh Nur Ali Renhoat, S. Ag. selaku Ketua Pengadilan Agama Lolak. Dalam penyampaiannya beliau mengucapkan rasa terima kasih kepada Bupati Kab. Bolaang Mongondow, Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow atas kesediannya memberikan fasilitas sementara kepada Pengadilan Agama Lolak saat baru beroperasional dengan menggunakan Gedung Kantor Dinas Pertanian dan kini memberikan hibah tanah seluas 5.000 m2 untuk pembangunan gedung kantor Pengadilan Agama Lolak.

Sambutan ketua

Pada kesempatan ini Bupati Kab. Bolaang Mongondow, Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow juga berterima kasih kepada Mahkamah Agung RI melalui Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara atas terwujudnya pembangunan gedung kantor Pengadilan Agama Lolak. “Padahal saat itu masih ada 15 kantor SKPD Bolmong yang belum dibangun dan masih kontrak rumah warga, tapi saya berpikir ini adalah momentum yang tepat Pengadilan Agama Lolak ini hadir, sehingga kita langsung mencari tempat yang terbaik untuk dipinjamkan, saya berusaha dengan segala keterbatasan dan Alhamdulillah kita mampu. Dan hari ini menjadi perhatian dan dukungan dari Pengadilan Tinggi Agama Sulut, saat ini dimulai peletakan batu pertama,” ucap Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow.

acara 5

Sambutan terakhir disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara yang mengatakan pembangunan PA Lolak merupakan upaya Mahkamah Agung RI untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang hukum terutama melayani hak-hak dasar manusia. “Yaitu hukum kekeluargaan, sebagaimana kewenangannya diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 1989 dengan perubahannya UU Nomor 3 Tahun 2006 dan UU Nomor 50 Tahun 2009, tentang perkawinan, wasiat, wakaf, warisan, hibah, zakat, infaq dan sedekah dan ekonomi syariah,” jelasnya. Ia juga menyampaikan kepada Bupati, Pengadilan Agama Lolak merupakan Pengadilan Agama yang banyak menerima perkara di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara, termasuk dalam urutan pertama diantara 10 Pengadilan Agama yang ada di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara. “Oleh karena itu, dari 4 Pengadilan Agama yang baru dibentuk pada Kepres Tahun 2016, Pengadilan Agama Lolak menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk pembangunannya,” ucap Ketua PTA. Sulut.

acara 6

Akhir acara para pejabat naik ke podium untuk melakukan sesi foto bersama.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lolak

Jl. Trans Sulawesi, Desa Lalow

Telp: 0815 4344 2784
Fax: -

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE